Mentan Menambah Alokasi Pupuk Subsidi untuk NTB

Mentan Amran Sulaiman saat mengikuti Rakor peningkatan produksi pertanian NTB, Kamis malam (2/5/2024).

MATARAM – Menteri Pertanian H Andi Amran Sulaiman mendukung penuh Provinsi NTB untu tetap menjadi swasembada pangan. Terlebih lagi NTB merupakan lumbung pangan nasional. Kementerian Pertanian RI juga telah memberikan alokasi tambahan pupuk subsidi untuk NTB dalam rangka mensukseskan swasembada pangan 2024.

“Kementan sangat mendukung Provinsi NTB swasembada pangan, makanya alokasi tambahan pupuk dan sarana prasana pertanian diberikan kepada petani NTB,” kata Mentan Amran Sulaiman saat melaksanakan rapat koordinasi dengan pejabat Pemprov NTB, Kamis malam (2/5/2024).

Mentan Amran Sulaiman mengaku sangat mendukung Pemprov NTB terkait swasembada pangan, di mana Kementan siap memberikan bantuan Pompa Air sebanyak 4.000 bahkan hingga 10.000.  Sedangkan terkait kelangkaan pupuk, ia menegaskan sekaligus mengintakan kepada distributor Pupuk, kalau ada yang mempersulit, ia pastikan akan mencabut izinnya dan tidak akan pernah lagi bisa berdagang.

“Kalau ada yang mempersulit, aku pastikan aku cabut ijinnya dan tidak akan pernah lagi berdagang pupuk,” tegasnya.

Sebelumnya, Pemprov NTB sudah menandatangani tambahan alokasi pupuk bersubsidi pada 2024 ini, di mana untuk Urea dari 130.000 ton naik menjadi 222.000 ton, NPK dari 89.000 menjadi 190.000 ton.

Hadir dalam Rakor bersama Mentan Amran Sulaiman itu, adalah Pj Gubernur NTB HL Gita Ariadi, Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IX/ Udayana, Mayor Jenderal TNI Bambang Trisnohadi beserta rombongan, jajaran Forkopimda Provinsi dan sejumlah Kepala OPD lingkup Provinsi NTB.

“Mudahan-mudahan dengan adanya tambahan ini, tidak ada keluhan petani untuk permasalahan pupuk,” harap Lalu Gita. (bl3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini