Baiq Diyah Dorong Daya Saing Perempuan NTB

Hj Baiq Diyah Ratu Ganefi bersama ibu-ibu pelaku UMKM.

MATARAM – Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) NTB Hj Baiq Diyah Ratu Ganefi melihat perlu adanya peningkatan daya saing perempuan NTB. Disinilah peran keberadaan IWAPI aktif memperkuat pemberdayaan perempuan, khususnya di dunia usaha.

“Keberadaan dunia usaha sangatlah penting dalam menggerakkan ekonomi masyarakat,” kata Baiq Diyah panggilan akrab Caleg Partai Perindo nomor urut 2 Dapil Pulau Lombok ini.

Menurutnya jika dunia usaha berkembang, maka lapangan kerja pasti terbuka. Tentunya dampak yang dirasakan ekonomi rakyat juga akan semakin semarak.

“Semangat kewirausahaan harus diperkuat, agar aktivitas usaha rakyat kian berkembang,” katanya.

Dikatakan Baiq Diyah, IWAPI yang bertujuan mendorong agar peran perempuan di sektor swasta lebih meningkat. Potensi perempuan dalam pembangunan NTB pada dasarnya sangat besar. Hanya saja belum dimanfaatkan dengan baik.

”Salah satu programnya pelatihan bagi perempuan, agar lebih adaptif dengan dunia digital dalam menjalankan usaha,” ujar mantan anggota DPD RI Dapil NTB dua periode ini.

Diatakan Baiq Diyah, bahwa hal tersebut sangat penting di zaman teknologi informasi saat ini. Pihaknya pun menyiapkan program dalam rangka memperkuat sistem digitalisasi bagi usaha yang dikelola perempuan.

”Dengan sentuhan dunia digital, sektor UMKM tidak hanya bisa menjangkau  pasar lokal, tapi akan mampu berkiprah di tingkat nasional bahkan internasional,” terangnya.

IWAPI telah berperan dalam banyak hal, utamanya terkait dengan peningkatan kapasitas perempuan menjadi mandiri melalui dunia usaha. IWAPI saat ini merupakan organisasi perempuan terbesar di Indonesia bahkan Asia. Program kerja fokus 3 hal, yaitu, pengembangan SDM, pemasaran dan memperluas penambahan permodalan bagi usaha perempuan.

“Perempuan NTB perlu beradaptasi dengan dunia digital dalam menjalankan usahanya. Sebab berbagai sektor kehidupan di masa kini tidak luput lagi dari digitalisasi,” tutup Baiq Diyah. (bl3)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini